BEBERAPA MASALAH PADA WAKTU INSTAL WINDOWS XP

Beberapa masalah pada waktu instal windows XP
1. Pada saat kita meng-install windows terkadang terjadi kemacetan pada saat progress berjalan. Progress jadi berhenti dan tidak bisa berjalan. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal.
Sebab
  • Bisa Jadi CD Windows XP yang anda gunakan sudah tidakbagus lagi (Sudak tergores-gores) sehingga tidak bisa terputar dan akhirnya macet.
  • Bisa jadi head pada CD/DVD ROM anda kotor sehingga tidak bisa membaca data yang ada pada Track CD Windows anda.
Cara Mengatasinya :
Kalau memang itu dikarenakan CD Windows anda sudah tidak bagus maka sebaiknya ganti CD Windows yang lain. Atau coba bersihkan pakai alkohol kemudian coba kembali.
Kalau bukan karena itu maka coba bersihkan head CD/DVD ROM anda menggunakan alkohol. Setelah anda bersihkan usahakan sbelum dipakai pastikan head tersebut betul-betul kering. Head CD/DVD ROM ada pada bagian tengah, kecil, tampak seperti kaca bening.

2. Pada saat penginstalan sistem operasi Windows XP terkadang ada beberapa data tertentu yang tidak bisa tercopy seperti shell32, winlogon.exe dll.
Sebab
  • Hal ini biasa terjadi pada saat kita menginstall ulang komputer. Hal ini terjadi karena pada saat pengistalan masih terdapat bekas install sebelumnya yang belum hilang. Sehingga pesan yang muncul biasanya “tidak bisa di copy” tentunya dalam bahasa Inggris (sistem operasi bukan orang bugis yang buat bos. hehehehehehe)

Cara mengatasinya :
Apabila ada beberapa data yang tidak bisa tercopy maka pada saat pengistalan berhenti dan tampil pesan data yang tidak bisa dicopy tersebut maka buka CD/DVD ROM anda, kemudian angkat CD-nya kemudian pasang kembali lalu tekan enter untuk TRY.
Cara yang lain adalah pertama-tama coba bersihkan head CD/DVD ROM anda menggunakan alkohol kemudian coba kembali. Apabila hal tersebut masih berlanjut maka satu-satunya cara adalah Backup semua data anda kemudian remove semua partisi yang ada kemudian partisi ulang lalu lakukan penginstalan kembali.

3.Pada saat penginstalan sistem operasi Windows XP terkadang terasa lama. melebihi waktu normal peginstalan. Ingat waktu normal penginstalan sistem operasi Windows XP yaitu 20 menit. Apabila sudah melebihi waktu tersebut maka itu sudah tidak normal.
Sebab
  • Hal tersebut disebabkan karena CD/DVD ROM terlalu panas sehingga tidak bisa memutar CD Windows yang ada didalamnya. Akhirnya data akan lambat tercopy. Apabila ini terjadi ujung-ujungnya adalah BLUE SCREEN dan pesan yang muncul adalah DUMP MEMORY. Perangkat sudah tidak mampu mengatasinya.

Cara Mengatasinya :R
Apabila hal tersebut terjadi (BLUE SCREEN) maka buka CD/DVD ROM anda kemudian biarkan beberapa saat sampai dingin kembali. setelah itu tutup kemudian biarkan kembali beberapa saat. Turn Off komputer anda dan biarkan beberapa saat. Setelah sekitar 1/2 jam baru lakukan kembali penginstalan.

4. Hardisk tidak dikenali
Wikipedia, AHCI (Advance Host Controller Interface) itu adalah teknologi yang memungkinkan software untuk berkomunikasi dengan SATA controller untuk menyediakan kemampuan seperti misalnya hot-plugging dan native command queuing. , metode pengenalan hardware yang berbeda, lain kalau dibuat booting lewat Linux Live CD kaya’ Backtrack, atau diinstall Windows Vista, semua bisa jalan tanpa kendala bluescreen. Kalau untuk Windows XP, masih nggak mengenali AHCI (Advanced Host Controller Interface), makanya terjadi bluescreen.

Pernahkah kalian mengalami sewaktu mengerjakan laporan pekerjaan, browsing di internet, ataupun sedang bermain game kesukaan, tiba-tiba Laptop anda restart dengan sendirinya, dan kemudian ketika sedang boot ulang tiba-tiba hanya bluescreen yang anda dapatkan dengan beberapa Informasi yang tertera.
Bluescreen disebut juga Bluescreen Of Death (BSOD) adalah istilah yang dikenal luas untuk layar yang ditampilkan sistem operasi windows ketika mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh windows).

Diambil dari wilkipedia Blue screen of death (BSOD, Bahasa Inggris: Layar Biru Kematian), atau kadang disebut "layar biru" (bluescreen) saja adalah istilah populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh Microsoft). BSOD milik Windows NT, 2000, XP, Vista, 7, maupun Windows 8 biasanya lebih serius daripada Windows sebelumnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini. Diantaranya driver peralatan yang tidak bagus, kesalahan memori, registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok.

Berbagai bentuk BSOD terdapat pada seluruh sistem operasi Windows sejak Windows 3.1. BSOD merupakan pengganti black screen of death (layar hitam kematian) yang muncul pada OS/2 dan MS-DOS. Dalam versi awal dari Windows Vista juga terdapat red screen of death atau layar merah kematian, yang digunakan pada kesalahan boot loader.

Blue Screen ini merupakan salah satu 
troubleshooting yang sering terjadi pada komputer yang mengakibatkan kinerja dan performa Komputer anda terasa lambat dan berat dan kemudian mengakibatkan Windows Crash serta terjadi Bugs yang akhirnya menyebabkan komputer anda tidak bisa masuk ke Windows. Anda jangan tergesa-gesa dan terburu-buru langsung Menginstall Windows XP atau bawa langsung ke Tukang servis. Selidiki pesan Error yang di tampilkan oleh Blue Screen Tersebut.

Pesan Error yang terdapat di Blue Screen disimpulkan sebagai berikut:
1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Error ini yang paling sering muncul pada saat terjadi Blue Screen.
Pesan kesalahan ini biasanya disebabkan kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.
Penyebabnya :
Adanya Install Driver Yang bentrok satu sama lain
Kesalahan pada video Card, karena di overclock melebihi batas atau mengganti video card baru sementara driver video card lama tidak di unistal
Kesalahan pada Audio Card, tidak tepat mengkonfigurasi atau bug dalam driver sound card

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pesan ini memberitahukan adanya kesalahan dalam pengecekan koneksi terhadap Hardisk. Biasanya muncul apabila :
Adanya salahsatu file system terkena serangan virus
Bila di sektor penyimpanan file system terjadi bad sactor
Pada saat booting hubungan dengan hardisk terputus.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan error seperti ini, dapat disebabkan karena:
Overclock Hardware yang berlebihan
Komponen komputer yang terlalu panas
BIOS yang korup
Memory dan CPU yang cacat

4. DATA_BUS_ERROR
Pesan kesalahan ini kemungkinan disebabkan kesalahan pemakaian memory. antara lain :
Memory rusak
Pemasangan atau penambahan memory yang tidak cocok
Memory kard yang di pasang tidak tepat pada slotnya (Kendur)


5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

8. BAD_POOL_CALLER
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

9. PEN_LIST_CORRUPT
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM

10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan error ini disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

Peringatan : jika di paksakan menginstall atau Format Windows XP tanpa mengabaikan Pesan Error Blue Screen maka Windows setelah selesai di Install tidak lama kemudian akan menjadi Crash dan BlueScreen kembali.




6 Responses to "BEBERAPA MASALAH PADA WAKTU INSTAL WINDOWS XP"

  1. kalau ketika proses windows setup tiba-tiba monitor berubah menjadi biru tanpa pesan eror itu kenapa min.. tolong jelaskan..

    BalasHapus
  2. kondisi tersebut BlueScreen, solusi nya.... cek ram-nya, kemudian bersihkan/gosok dengan kain/kertas. kemudian pasangkan lagi. kalau tetap BlueScreen, maka harus di ganti ram-nya. semoga membantu...

    BalasHapus
  3. Min kalo misalnya lagi proses install tiba tiba restart terus ngeinstall lagi kenapa yah?

    BalasHapus
  4. subhanalloh, smoga sehat selalu serta hasanah fi ddunyaa wal aakhirat :')

    BalasHapus
  5. klo pada saat baru booting dengan bootable XP, tapi yang muncul di pojok kiri atas cuma tanda "-" kedip2 gimana?

    BalasHapus
  6. Bagaimana kl stak di 20% aja hingga 24 jam...

    BalasHapus